Dua Bomber AS Terbang Dekat Pulau Sengketa di Laut China Selatan - CANEL BLOGER

Dua Bomber AS Terbang Dekat Pulau Sengketa di Laut China Selatan


Dua Bomber AS Terbang Dekat Pulau Sengketa di Laut China Selatan

Dua pesawat pembom B-52 Amerika Serikat (AS) terbang di dekat pulau-pulau yang diperebutkan di Laut China Selatan awal pekan ini. 
Hal itu diungkapkan oleh Angkatan Udara Pasifik AS.
"Dua pembom B-52H Stratofortress Angkatan Udara AS meninggalkan Pangkalan Angkatan Udara Andersen, Guam, dan berpartisipasi dalam misi pelatihan rutin di sekitar Laut Cina Selatan," kata Angkatan Udara Pasifik AS dalam sebuah pernyataan.
"Misi baru-baru ini konsisten dengan hukum internasional dan komitmen jangka panjang Amerika Serikat untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," tambah pernyataan itu seperti dikutip dari CNN, Kamis (22/11/2018).

Sementara AS secara rutin menerbangkan pesawat bomnya di sekitar LCS sebagai bagian dari misi "Continuous Bomber Presence" yang berlangsung lama, Beijing sangat sensitif dengan kehadiran pasukan militer AS di dekat daerah-daerah di mana pemerintah China telah membangun pulau-pulau dan mendirikan fasilitas militer fitur maritim yang disengketakan.

Pada bulan September, sebuah kapal perang China datang dalam jarak 45 meter dari kapal perusak USS Decatur, memaksa kapal AS melakukan manuver untuk menghindari tabrakan. Angkatan Laut AS melabeli tindakan China sebagai tindakan tidak aman dan tidak profesional.
Insiden itu terjadi ketika USS Decatur melakukan "Operasi Kebebasan Navigasi," yang melibatkan pelayaran dalam 12 mil laut karang Gaven dan Johnson di Kepulauan Spratly.

AS telah menuduh China mengerahkan rudal anti-kapal, jammers elektronik, dan rudal permukaan-ke-udara ke pulau-pulau yang diperebutkan di Laut Cina Selatan.
"Penempatan rudal-rudal itu memberi Beijing potensi untuk menggunakan kontrol nasional atas perairan internasional dan udara di mana lebih dari tiga triliun dolar dalam perjalanan barang-barang setiap tahun," kata petinggi Angkatan Laut AS, Phil Davidson, komandan Komando Indo-Pasifik AS, di Forum Keamanan Internasional Halifax di Nova Scotia.
"(Republik Rakyat Cina) mengatakan mereka melakukan militarisasi fitur-fitur ini untuk mempertahankan kedaulatan China, tetapi dengan berbuat demikian mereka sekarang melanggar kedaulatan kemampuan setiap negara untuk terbang, berlayar, dan beroperasi sesuai dengan hukum internasional - hak semua negara untuk berdagang, berkomunikasi, untuk mengirim informasi keuangan mereka, untuk mengirim komunikasi mereka melalui kabel di bawah laut," tambah Davidson.

Tetapi meskipun ada ketegangan antara Beijing dan Washington, pihak berwenang China baru-baru ini memberikan kapal induk Angkatan Laut AS, USS Ronald Reagan, izin untuk membuat panggilan pelabuhan di Hong Kong, dua pejabat pertahanan AS mengatakan kepada CNN.
China telah membatalkan kunjungan ke pelabuhan Hong Kong oleh kapal serbu amfibi USS Wasp pada bulan September lalu.
Sumber:Sindonews


<==Berbagi Informasi Itu Indah==> 
 <=Jangan Lupa Share Yah Supaya Blog Tetap Update Yang Terbaru=>

No comments:

GADGET

KESEHATAN

PASAR FOREX