Pesawat Tempur J-10 China Kini Pakai Thrust Vectoring Control - CANEL BLOGER

Pesawat Tempur J-10 China Kini Pakai Thrust Vectoring Control

Sebuah langkah mengejutkan, Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Cina (PLAAF) telah memulai debut iterasi yang dimodifikasi khusus dari jet tempur Chengdu J-10 mereka pada 2018 Zhuhai Airshow.

Pesawat tersebut sekarang dilengkapi dengan nosel dorong-vectoring berengsel.
Salam mesin jet tradisional nossel pendorong selalu mengarah ke depan, yang hanya dapat mendorong tubuh ke arah yang tetap.

Nah dengan vectoring nozzel yg modern ini, nozzel memiliki arah dorong yang dapat digerakkan yang memungkinkan jet untuk mengendalikan arah pembuangan mereka.
Pesawat TVC dapat, oleh karena itu, mendorong diri mereka sendiri dalam berbagai arah sebagai lawan hanya maju, yang seharusnya diterjemahkan menjadi peningkatan besar dalam manuver dan penanganan kecepatan rendah.
Tidak ada pesawat Tiongkok lainnya, termasuk J-10C terbaru dan bahkan penerusnya yang jauh lebih mahal J-20, saat ini menggunakan teknologi ini.

J-10 bergabung dengan Su-30, Su-35, Su-57, dan F-22 sebagai salah satu dari beberapa jet tempur untuk mengintegrasikan nosel dorong-vektor, tetapi tidak semua sistem TVC diciptakan sama.
Sebagai contoh, F-22 Raptor hanya dapat vektor naik dan turun dengan dua puluh empat derajat, sedangkan Su-35 dan J-10 TVC membanggakan mesin TVC “3-D” yang dapat mendorong ke atas dan ke bawah serta kiri dan kanan.

Rekaman terbaru dari J-10 TVC dalam aksi menunjukkan beberapa kemampuan dunia nyata dari kontrol vectoring dorong.
Jet berhasil melakukan Cobra manuver aerobatik yang menuntut secara teknis yang melibatkan jet mengangkat hidungnya sedikit di atas 90 derajat dan kemudian semua jalan kembali ke horizontal.
J-10 TVC juga melakukan manuver Falling Leaf, di mana pilot mengayunkan pesawat bolak-balik dalam serangkaian kios penuh.

Sementara propulsi omnidirectional menawarkan keunggulan taktis yang jelas dalam skenario dogfight tertentu, ada alasan teknis dan logistik untuk kelangkaan jet tempur TVC.
Implementasi mereka sering melibatkan desain ulang internal sebagian atau total dan membutuhkan siklus produksi jauh lebih mahal dibandingkan dengan pejuang generasi keempat unggulan.
Faktor biaya dapat terbukti sangat bermasalah dengan strategi PLAAF dalam menciptakan skala ekonomi untuk memproduksi ulang secara efisien desain jet tempur barat dan Rusia.

Lebih lanjut menumpuk analisis biaya-manfaat terhadap teknologi TVC adalah kekhawatiran bahwa kemajuannya dalam manuver diungguli oleh kemajuan paralel di permukaan-ke-udara dan kecepatan rudal udara-ke-udara, pelacakan, dan deteksi radar.
Justin Bronk mengatakan kepada Defense News , “rudal-rudal dogfighting paling modern memiliki kemampuan mengunci-pada-setelah-peluncuran, 50 G tingkat turn-up dan zona-zona bebas-lari yang relatif besar.”

Meskipun demikian, fakta bahwa J-10 TVC didukung oleh mesin turbofan WS-10B3 yang diproduksi di dalam negeri telah diambil oleh beberapa orang sebagai indikasi bahwa China telah berhasil membalikkan rekayasa mesin AL-41F1S milik Su-35.
Jika demikian, pembelian terakhir 10 Su-35 di Beijing dari Rusia mungkin terbukti menjadi yang terakhir.

Mengingat masalah kinerja dan biaya yang mengganggu WS-15 mesin di pesawat tempur J-20 andalan China, para ahli telah mengamatibahwa J-10 TVC tidak begitu banyak produk akhir sebagai batu loncatan yang mungkin untuk integrasi mesin TVC 3-D ke J-20.
Perkembangan Cina mesin jet domestik yang andal juga akan menjadi langkah besar dalam menopang apa yang dilihat oleh sebagian pengamat Cina sebagai risiko politik jangka panjang dari ketergantungan berlebihan pada perangkat militer Rusia.
Misalnya, orang dalam militer China secara ringkas menyampaikan kecemasan ini ke Pos Pagi Selatan China, mengatakan “China memiliki hubungan persahabatan dengan Rusia sekarang, tetapi apa yang akan dilakukan Beijing jika kedua negara itu jatuh, atau jika Moskow berperang dengan negara lain ? ”
Sumber : National Interest


<==Berbagi Informasi Itu Indah==> 
 <=Jangan Lupa Share Yah Supaya Blog Tetap Update Yang Terbaru=>

No comments:

GADGET

KESEHATAN

PASAR FOREX